Cara Mengatasi Ikan Arwana yang Suka Meloncat

Tahukah Anda, ikan arwana memiliki kebiasaan yang cukup unik yaitu meloncat ke udara dari kedalaman air. Hal ini dilakukannya untuk menangkap mangsa berupa serangga. Kekuatan meloncat yang dimiliki oleh ikan arwana sendiri diketahui cukup kuat. Bahkan ikan arwana dewasa sanggup meloncat hingga tingginya mencapai 70-80 cm sampai 1 m. Begitu pula saat dipelihara di dalam akuarium, kebiasaan ini masih kerap muncul.
Ada banyak alasan kenapa ikan arwana nekat meloncat dari akuarium. Yang paling sering ialah ikan tadi melihat mangsa berupa cicak atau kecoa yang merayap di dinding sekitarnya. Penyebab lain yaitu ikan merasa stres, lingkungan yang tidak nyaman, atau ukuran akuarium yang kekecilan. Kondisi di sekitar akuarium yang terlalu ramai juga kadang-kadang dapat memicu kejadian ini. Itu sebabnya, akuarium untuk ikan arwana perlu dilengkapi penutup khusus.
cara-mengatasi-ikan-arwana.jpg
Anda harus menanggulangi masalah ini sesegera mungkin sebelum terjadinya hal-hal buruk yang dapat menimpa ikan arwana tersebut.
Ikan arwana yang tampak berusaha melompat dari dalam akuarium sebaiknya diberikan upaya perawatan dini guna menghindari kejadian buruk yang dapat menimpanya. Umumnya masalah ini dipicu oleh faktor stres. Mungkin saja ikan arwana tersebut merasa stres karena ukuran akuarium tempat pemeliharaannya yang terlalu kecil atau pengaruh faktor eksternal yang kondisinya terlalu ramai. Kadang-kadang ada ikan arwana yang gampang mengalami stres.
Jika ikan arwana milik Anda menunjukkan tanda-tanda mengalami stres, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan kiat-kiat di bawah ini :
  1. Cobalah memasukkan garam ikan secukupnya ke dalam akuarium tersebut. Anda juga bisa menggunakan obat penenang ikan yang banyak dijual di toko ikan hias. Ikuti petunjuk penggunaan obat tersebut.
  2. Tutuplah seluruh permukaan akuarium supaya ikan arwana merasa lebih tenang. Anda bisa menggunakan kertas atau gorden. Kemudian padamkan juga lampu akuarium untuk sementara waktu.
  3. Lakukan kedua treatment di atas sampai ikan arwana tidak terlihat gelisah lagi. Hal ini bisa diulang beberapa kali sampai ikan merasa benar-benar tenang. Mental yang dimiliki oleh ikan tersebut sangat berpengaruh di sini.
PERAWATAN
Ikan arwana yang berhasil meloncat dari akuarium kemudian jatuh ke permukaan lantai harus mendapatkan perawatan yang sungguh-sungguh. Bukan hanya risiko kerusakan fisik yang bakal dialami oleh ikan tersebut, tetapi juga trauma. Ikan arwana tadi akan merasa trauma akibat benturan keras yang dirasakannya. Akibatnya bisa sangat fatal terutama bila bagian yang terbentur lantai adalah kepalanya. Perawatan secara cepat dan tepat akan membantu ikan tersebut untuk pulih kembali.
Berikut ini pertolongan yang dapat dilakukan kepada ikan arwana yang meloncat dari akuarium lalu terjatuh di permukaan lantai.
  1. Segera ambil handuk, kaos, atau kain apapun untuk mengangkat ikan arwana tadi. Kemudian masukkan kembali ke dalam akuarium.
  2. Dalam kebanyakan kasus, ikan arwana mungkin akan pingsan akibat terlalu lama di darat atau benturan yang terlalu keras. Hal ini terlihat pada bola matanya yang terbalik serta tidak berenang sama sekali dengan posisi mulut menghadap ke atas.
  3. Jika ikan arwana pingsan, Anda harus menyadarkannya kembali dengan memberikan pertolongan pertama menggunakan tabung oksigen.
  4. Cara menyadarkan ikan arwana yang pingsan yaitu atur tubuh ikan arwana pada posisi normal, lalu pojokkan di salah satu dinding akuarium. Minta bantuan orang lain untuk menjaga posisi tubuh ikan arwana tetap seperti itu. Setelah itu, dekatkan selang tabung oksigen dengan mulut ikan arwana. Keluarkan oksigen dari tabung beberapa saat. Setelah ikan tampak bergerak, pemberian oksigen dapat dihentikan.
  5. Faktanya menyadarkan ikan arwana yang pingsan tidak semudah teori di atas. Kadang-kadang butuh waktu yang cukup lama hingga 3-5 hari tergantung kondisi ikan tersebut. Kuncinya adalah kesabaran, keberanian, dan ketelatenan Anda dalam merawat ikan tadi. Sangat disarankan untuk membawa ikan tersebut ke dokter hewan ketimbang merawatnya sendiri.

0 Response to "Cara Mengatasi Ikan Arwana yang Suka Meloncat"

Posting Komentar