Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Arwana

Akuarium perlu dibersihkan secara berkala agar ikan arwana yang hidup di dalamnya tumbuh dengan baik. Bagaimana pun makhluk hidup membutuhkan tempat tinggal yang bersih dan sehat. Sudah menjadi kewajiban Anda sebagai pemilik ialah merawat semua ikan arwana yang dipelihara sebaik-baiknya. Termasuk soal kebersihan akuarium yang menjadi tempat tinggal ikan. Anda harus rajin mengganti air di dalamnya.
Ikan arwana sejatinya merupakan ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik. Ikan ini bisa bertahan hidup meskipun berada di lingkungan perairan yang kotor. Namun Anda tidak boleh membiarkan akuarium yang menjadi tempat pemeliharaan ikan arwana dalam keadaan yang kotor. Anda harus menjaga kebersihannya sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah mengganti air di dalam akuarium tersebut.
Ikan arwana yang hidup di lingkungan perairan yang terjaga kebersihannya pasti akan tumbuh menjadi ikan berkualitas tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga kebersihan air akuarium supaya ikan arwana peliharaan Anda. Mengganti air akuarium baik sebagian maupun seluruh bagiannya mutlak Anda kerjakan. Namun tidak seperti mengganti air di dalam ember, Anda perlu berhati-hati saat mengganti air di akuarium.
cara-mengganti-air-akuarium.jpg
Berikut ini cara mengganti air akuarium yang tepat, khususnya proses penggantian seluruh air di akuarium tersebut.
  1. Menyiapkan Tempat Sementara
Anda bisa menggunakan ember yang berukuran cukup besar sebagai tempat tinggal sementara bagi ikan arwana. Silakan isi ember ini dengan air bersih hingga tingginya mencapai seperempat bagian. Lalu tambahkan lagi dengan air dari akuarium yang ingin dikuras sampai volumenya penuh. Hal ini dilakukan supaya ikan arwana lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Jangan lupa pasang aerator untuk memenuhi kebutuhan udara pada air di dalam ember ini.
  1. Memindahkan Ikan Arwana
Kami sudah pernah menulis tentang bagaimana cara memindahkan ikan arwana dari akuarium yang satu dengan akuarium yang lainnya. Pada prinsipnya, Anda harus membuat ikan tersebut merasa tenang agar tidak melakukan pemberontakan. Ikan arwana sebaiknya ditangkap ketika volume air akuarium tinggal setengah. Anda bisa menggunakan jaring yang lembut untuk menangkapnya. Setelah ikan dipindahkan ke ember, segera tutup ember tersebut supaya ikan tidak melompat.
  1. Membersihkan Akuarium
Setelah akuarium berhasil dikosongkan, kini waktunya Anda untuk membersihkannya. Membersihkan akuarium hendaknya cukup menggunakan air bersih saja. Anda tidak perlu memakai sabun, deterjen, atau cairan pembersih apapun sebab dikhawatirkan bahan kimia yang terkandung pada cairan pembersih tersebut justru berbahaya bagi ikan. Jika perlu, Anda bisa menggosok seluruh permukaan akuarium, baik bagian dalam maupun luar memakai sikat. Lalu bilas dengan air sampai bersih.
  1. Mengisi Akuarium dengan Air
Akuarium yang telah selesai dibersihkan sebaiknya dijemur di bawah terik matahari langsung terlebih dahulu sampai kering. Tujuannya untuk mematikan bibit penyakit, kuman, atau bakteri yang mungkin bersarang di dalamnya. Setelah itu, Anda dapat mengisinya kembali dengan air. Kami sarankan air yang akan dimasukkan ke akuarium harus didiamkan selama semalaman agar kotorannya mengendap. Barulah kemudian air bisa dimasukkan ke akuarium.
  1. Melepaskan Ikan Arwana Kembali
Aturlah kondisi akuarium sebaik-baiknya. Pastikan akuarium tersebut sudah siap dihuni kembali oleh ikan arwana milik Anda. Jika semuanya dirasakan sudah beres, Anda bisa menangkan ikan arwana di dalam ember menggunakan jaring. Pegang dengan kuat agar ikan tidak terlepas saat memberontak. Lalu pindahkan ke akuarium secara hati-hati dan biarkan ikan berenang di air akuarium.
Anda bisa melakukan proses penggantian seluruh air di dalam akuarium setiap 3-6 bulan sekali tergantung kondisinya. Pembersihan yang dilakukan terlalu sering justru bisa menyebabkan ikan arwana mengalami stres. Yang penting adalah akuarium harus dilengkapi dengan alat filter agar tidak mudah kotor. Sedangkan untuk perawatan mingguan disarankan mengganti air akuarium sebanyak 25-30% setiap seminggu sekali. Gunanya untuk menjaga ketersediaan mineral terlarut di dalam air yang dibutuhkan oleh ikan arwana.

0 Response to "Cara Mengganti Air Akuarium Ikan Arwana"

Posting Komentar