Cara Mengobati Ikan Arwana yang Berenang Terbalik

Ikan arwana yang berenang terbalik merupakan salah satu kelainan yang parah. Penyebabnya yaitu swim bladder (gelembung renang) milik ikan tersebut bermasalah. Hal ini bisa dipicu oleh bermacam-macam faktor. Dari mulai cacat bawaan, infeksi bakteri, cedera, sampai udara yang terlalu banyak masuk ke tubuhnya. Akibatnya swim bladder ikan tersebut pun menjadi tidak dapat bekerja dengan baik sehingga dia sulit mempertahankan posisinya di dalam air.
Salah satu dampak dari rusaknya swim bladder pada ikan arwana adalah ikan tersebut tidak dapat berenang dengan baik. Ikan cenderung akan berada di area permukaan atau dasar air. Kemudian setelah kerusakannya semakin parah, maka ikan benar-benar tidak mampu lagi untuk mengatur posisinya. Hal ini membuat posisi ikan tersebut menjadi berenang terbalik, di mana kepala berada di bawah sedangkan ekornya berada di bagian atas.
cara-mengobati-ikan-arwana.jpg
Lantas, apakah ikan arwana yang mengalami kerusakan pada swim bladder-nya bisa diobati? Jawabannya bisa asalkan penyebabnya bukan merupakan cacat bawaan lahir. Swim bladder yang telah rusak bukan karena cacat bisa diberikan terapi tertentu agar pulih kembali seperti semula. Kami mempunyai dua kiat sederhana yang bisa Anda coba sendiri dan sudah terbukti berhasil. Silakan Anda juga bisa mencobanya.
Kiat Pertama
Mulailah dengan mengurangi volume air di dalam akuarium hingga tingginya sama seperti tinggi ikan arwana. Biarkan kondisi tersebut sampai ikan arwana mampu berenang stabil lagi dengan posisi renang yang normal. Kemudian tambahkan air hingga volumenya 2 kali tinggi ikan, lalu amati lagi gaya renang ikan tersebut. Jika ikan sudah mampu berenang normal lagi, silakan tambahkan air hingga volumenya 3 kali tinggi ikan. Demikian seterusnya sampai ikan benar-benar dapat berenang secara normal.
Adapun air yang digunakan dalam proses terapi ini sebaiknya ditambahi dengan garam ikan 0,3 persen sebanyak 300 gram per 10 liter air. Akuarium yang digunakan untuk keperluan terapi pun wajib dipasangi water heater supaya Anda bisa mengatur suhunya dengan baik. Silakan Anda bisa menaikkan suhu air sedikit demi sedikit hingga maksimal lebih tinggi 5 oC dari suhu yang ditoleransi. Suhu yang cukup hangat akan membantu proses terapi. Jangan lupa sediakan pula termometer untuk memantau suhu air.
Kiat Kedua
Anda juga bisa melakukan terapi pada ikan arwana yang mengalami kerusakan pada swim bladder-nya dengan memasukkan ikan tersebut ke dalam kantung plastik yang berukuran sama seperti ukuran tubuhnya. Kemudian berikan suplai oksigen secukupnya. Kurang lebih kemasannya sama seperti ketika Anda hendak mengirimkan ikan. Biarkan selama 24 jam sambil terus dipantau kondisinya. Jika kondisi ikan belum normal, Anda bisa mengulanginya hingga 5 kali. Jangan lupa Anda harus memberikan oksigen dan pakan setiap kali membuat pengemasan baru.

0 Response to "Cara Mengobati Ikan Arwana yang Berenang Terbalik"

Posting Komentar