Jenis-jenis Vivarium : Aquarium, Terrarium, dan Paludarium

Anda yang punya hobi memelihara ikan hias pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aquarium. Atau bahkan Anda sendiri sudah memiliki beberapa aquarium di rumah? Namun tahukah Anda kalau aquarium sebenarnya merupakan salah satu contoh dari vivarium. Ini adalah ekosistem buatan yang sengaja dibuat oleh manusia. Biasanya ditujukan untuk research (penelitian) atau menyalurkan bakat dan minat pribadi.
Berdasarkan elemen penyusunnya, vivarium (ekosistem buatan) dapat dibedakan menjadi tiga jenis antara lain aquarium, terrarium, dan paludarium. Aquarium adalah lingkungan air buatan. Terrarium yaitu ekosistem darat buatan. Sedangkan paludarium ialah ekosistem buatan yang terdiri dari air dan daratan. Kebiasaan membuat vivarium diketahui sudah dilakukan manusia sejak lama. Kini kebiasaan tersebut menjadi semakin populer.
jenis-jenis-aquarium-terrarium.jpg
Kami akan mencoba menjelaskan tentang aquarium, terrarium, dan paludarium secara rinci.
Aquarium
Kata aquarium berasal dari bahasa latin yaitu aqua/aquaria yaitu air dan arium yakni wadah atau ruang. Jadi aquarium dapat didefinisikan sebagai suatu wadah berisi air yang menjadi tempat tinggal makhluk hidup. Misalnya seperti ikan serta tanaman air. Wadah yang digunakan untuk membuat aquarium tidak terbatas. Contohnya kaca, akrilik, plastik, dan semen. Terdapat tiga jenis aquarium menurut jenis air di dalamnya yaitu :
  1. Aquascape/pond adalah aquarium yang berisi air tawar.
  2. Oceanarium/reef adalah aquarium yang berisi air asin atau air laut.
  3. Estuarium adalah aquarium yang berisi air payau.
Terrarium
Kata terrarium berasal dari bahasa latin yaitu terra artinya daratan/tanah serta arium adalah wadah/tempat atau ruang. Terrarium merupakan ekosistem buatan yang berisi lingkungan daratan. Di dalamnya biasa dihuni oleh binatang serta ditanami tumbuh-tumbuhan. Meskipun begitu, terrarium juga bisa diisi dengan tanaman saja. Contoh terrarium antara lain reptilarium yang berisi reptil, avisarium berisi burung, dan orcidarium yang ditanami anggrek.
Paludarium
Kata paludarium berasal dari bahasa latin yakni palus atau rawa-rawa dan arium yang berarti wadah/tempat/ruang. Paludarium adalah jenis vivarium yang mengombinasikan antara unsur lingkungan air dengan lingkungan daratan. Luasnya cakupan lingkungan di dalam paludarium memungkinkan flora dan fauna yang hidup di dalamnya lebih banyak. Namun biasanya hewan berjenis amfibi seperti kura-kura, katak, dan ular yang paling banyak dirawat di paludarium.

0 Response to "Jenis-jenis Vivarium : Aquarium, Terrarium, dan Paludarium"

Posting Komentar