5 Cara Menjernihkan Air Kolam Ikan Koi

Rumah tinggal pasti akan kelihatan lebih menarik jikalau ada kolam ikan koi di pekarangannya. Bayangkan Anda bisa berlama-lama berada di sekitar kolam tersebut sambil melihat gerak-gerik ikan yang sungguh menggemaskan. Pesona ikan tersebut tampak menarik sekali dengan warna-warninya yang cerah dan beraneka rupa. Apalagi ikan koi memiliki perangai yang lincah dan begitu aktif. Ikan ini juga tidak takut memakan pakan langsung dari tangan Anda.
Tentu saja kolam ikan koi akan tampak indah manakala air di dalamnya mempunyai rupa yang bersih dan jernih. Airnya tidak keruh dan sama sekali tidak berbau. Jadi Anda bisa langsung menikmati keindahan ikan tersebut dari tepi kolam. Anda sudah dapat melihat semua bagian dari kolam tersebut hingga ke bagian paling dasarnya. Inilah yang menjadi salah satu dambaan para penggemar ikan koi, di mana kondisi air kolamnya begitu jernih.
cara-menjernihkan-kolam-koi.jpg
Untuk mewujudkan impian berupa kolam ikan koi yang airnya jernih, Anda bisa melakukan trik-trik sebagai berikut!
  1. Pasang Filter yang Memadai
Kolam ikan memang wajib dilengkapi dengan kolam khusus untuk filter. Kolam filter ini bertugas untuk membersihkan air dari kotoran-kotoran yang terlarut. Silakan bangun kolam filter tidak jauh dari kolam utama. Mekanismenya adalah air dari kolam utama akan mengalir ke kolam filter untuk dibersihkan memakai media-media yang ada. Lalu air yang sudah bersih akan dialirkan kembali ke kolam utama.
  1. Ganti 30% Air di Kolam
Kondisi yang jernih tidak selalu menandakan kalau air tersebut cocok ditinggali oleh ikan koi. Kadang-kadang kandungan mineral yang terdapat di dalam air sudah menipis. Anda harus tetap melakukan penggantian air sebanyak 30% untuk tetap memenuhi kebutuhan ikan dan bakteri akan bahan-bahan mineral. Lakukan penggantian air ini setiap 2-3 minggu sekali.
  1. Jangan Bersihkan Terus-Menerus
Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh penghobi ialah membersihkan kolam ikan terlalu sering. Niatnya bagus untuk membuat lingkungan kolam menjadi bersih. Tapi di sisi lain, ekosistem kolam menjadi sulit terbentuk jika Anda selalu merusaknya. Hal ini dikarenakan sebagian lumut dan bakteri yang Anda buang dari kolam justru memiliki manfaat positif untuk menjernihkan air.
  1. Berikan Pakan Secukupnya
Sebaiknya Anda jangan memberikan pakan dalam jumlah yang terlalu banyak kepada ikan koi. Kenyataannya ikan koi lebih baik kekurangan makanan daripada kelebihan makanan. Tips memberi pakan ke ikan koi adalah Anda harus memberikannya sedikit demi sedikit. Jika pakan dihabiskan dalam kurun waktu kurang dari 5 menit, silakan berikan lagi. Namun bila pakan tidak kunjung dihabiskan, berhenti memberikannya.
  1. Buang Kotoran yang Terjatuh
Posisi kolam ikan koi yang terletak di lingkungan outdoor membuatnya mudah kotor. Terutama daun dan ranting dari pepohonan yang tumbuh di sekitar kolam tersebut sewaktu-waktu bisa gugur kemudian jatuh di kolam ikan koi. Jika daun dan ranting ini tidak segera diambil, kondisinya akan membusuk dan mengotori air di kolam. Anda harus tanggap dengan masalah ini dan segera membuang kotoran yang terjatuh di kolam ikan.

0 Response to "5 Cara Menjernihkan Air Kolam Ikan Koi"

Posting Komentar