5 Makanan yang Cocok untuk Ikan Arwana Anakan

Ikan arwana anakan harus dipelihara dengan cara yang spesial. Kondisi tubuh ikan tersebut belum setangguh ikan arwana yang sudah dewasa. Ikan arwana yang masih anakan memiliki fisik yang masih lemah. Ukuran tubuhnya kecil, demikian pula ukuran mulutnya yang kecil. Jadi ikan arwana anakan ini membutuhkan pakan khusus yang agak berbeda dari ikan arwana dewasa. Oleh sebab itulah kita harus mencari pakan yang memang sesuai.
Ikan arwana adalah ikan yang unik karena si induk jantan akan mengerami telur-telur di dalam mulutnya hingga menetas dan berukuran cukup besar. Namun dalam beternak ikan arwana, kita harus sesegera mungkin mengeluarkan anakan ikan arwana dari mulut si induk untuk dirawat di akuarium khusus agar peluang hidupnya lebih besar. Selama merawat ikan arwana anakan ini, kita perlu memberinya makanan yang tepat untuknya.
makanan-ikan-arwana-anakan.jpg
Nah, berikut ini makanan-makanan yang paling cocok buat ikan arwana!
  1. Jangkrik
Tahukah Anda bila ikan arwana suka sekali memakan jangkrik. Bahkan jangkrik adalah makanan favorit ikan arwana. Ketika ukurannya masih anakan pun ikan arwana sangat menyukai jangkrik. Namun Anda tidak boleh langsung memberikannya kepada ikan tersebut. Anda harus membuang kaki belakang jangkrik yang sangat tajam agar tidak melukai mulut si ikan. Anda juga perlu membuang sayapnya supaya tidak mencemari air sebab ikan tidak akan memakan sayap jangkrik ini.
  1. Udang
Hampir semua ikan air tawar senang memakan udang. Di samping karena rasanya yang nikmat, udang mempunyai aroma amis yang begitu kuat sehingga dapat menggugah selera makan. Sama seperti jangkrik, udang pun memiliki bagian yang berbahaya bagi ikan arwana anakan yaitu tanduk runcing di kepalanya. Tanduk ini sangat tajam dan kuat sehingga dapat melukai mulut ikan apabila termakan. Jadi Anda perlu membuang kepala udang ini terlebih dahulu sebelum memberikannya ke ikan.
  1. Cacing Darah
Ikan-ikan yang masih berukuran anakan memang lebih baik diberi pakan berupa cacing darah. Ukurannya yang kecil dan halus membuat pakan ini sangat aman dikonsumsi oleh ikan arwana yang masih kecil. Cacing darah mengandung protein yang tinggi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ikan. Sebaiknya Anda mencuci cacing ini terlebih dahulu di bawah air mengalir sebelum memberikannya kepada ikan. Berikan cacing darah sedikit demi sedikit.
  1. Ulat Jerman
Pakan berupa ulat jerman ini ibaratnya sebagai jamu bagi ikan arwana anakan. Jadi Anda sebaiknya memberikan pakan ini sesekali saja. Tujuannya untuk menjaga kondisi tubuh ikan supaya tetap bugar dan nafsu makannya terjaga dengan baik. Ulat jerman bisa langsung diberikan kepada ikan arwana anakan. Berikanlah satu per satu sampai ikan menghabiskannya, barulah kemudian bisa Anda berikan lagi. Usahakan jangan memberikan ulat jerman terlalu banyak.
  1. Anakan Kodok
Ketika tubuh anakan ikan sudah bertambah besar, Anda bisa mulai memakai pakan yang mampu melatih insting berburunya. Berikan pakan yang lebih bervariasi supaya ikan tidak merasa bosan. Salah satunya yaitu kodok yang masih anakan. Pilih kodok yang masih mempunyai ekor dan ukurannya tidak terlalu besar. Anda juga bisa memakai kecebong. Biarkan ikan arwana mengejar kodok tersebut, lalu memangsanya sampai habis.

0 Response to "5 Makanan yang Cocok untuk Ikan Arwana Anakan"

Posting Komentar