Cara Memberi Makan Ikan Arwana dengan Pelet

Ikan arwana adalah ikan air tawar yang biasa dipelihara sebagai ikan hias. Daya tarik ikan ini terletak pada warnanya yang cerah dengan gerakan renang yang lemah gemulai dan anggun. Ikan arwana termasuk binatang karnivora. Ikan ini hanya mau memakan pakan yang berjenis daging-dagingan. Di habitat alaminya, ikan arwana dikenal sebagai predator dan pemburu yang ulung. Tak segan-segan dia melompat di ketinggian untuk menangkap serangga.
Ikan arwana umumnya dipelihara di dalam akuarium. Ikan ini diberi makanan berupa pakan hidup seperti jangkrik, ikan mas, atau udang. Ikan arwana memang dikenal sangat menyukai pakan yang masih hidup, terutama jangkrik yang merupakan pakan favorit bagi ikan arwana. Beberapa penghobi kerap mengeluhkan biaya pakan yang cukup mahal atau tidak tega karena harus memotong kaki belakang jangkrik/tanduk udang agar tidak melukai ikan arwana. Pada akhirnya, mereka pun mencoba mencari pakan alternatif.
cara-memberi-makan-arwana.jpg
Salah satu pakan alternatif yang kami rekomendasikan untuk ikan arwana adalah pelet. Pelet mengandung nutrisi yang lengkap bagi pertumbuhan ikan tersebut. Apalagi jika pelet tersebut memang diperuntukkan khusus bagi ikan arwana. Keunggulan lain dari pelet yaitu pakan ini bersifat praktis, mudah diberikan kepada ikan, serta dapat disimpan dalam waktu yang lama. Namun faktanya kebanyakan ikan arwana enggan mengonsumsi pelet. Anda perlu melatihnya terlebih dahulu supaya ikan mau memakan pelet.
Di bawah ini kiat-kiat agar ikan arwana doyan memakan pelet, antara lain :
  1. Puasakan Ikan Arwana
Ikan arwana sebenarnya tidak suka mengonsumsi pelet. Tetapi kita bisa memaksanya untuk memakan pelet, lalu membiasakannya. Adapun triknya yaitu Anda hanya perlu memuasakan ikan tersebut. Cobalah puasakan ikan arwana selama 3-5 hari, kemudian berikan pelet sedikit demi sedikit. Jika masih belum berhasil, Anda bisa memperlama waktu puasanya sampai 7 hari. Harapannya supaya ikan menjadi kelaparan dan mau memakan apa saja yang diberikan.
  1. Selingi dengan Pakan Lain
Ikan arwana juga bisa didorong agar mau memakan pelet dengan memberinya pakan yang beraneka ragam. Anda dapat memberikan pelet yang sudah dicampur udang misalnya. Pelet yang beraroma udang ini biasanya akan lebih menarik perhatian ikan arwana untuk mengonsumsinya. Seiring berjalannya waktu Anda bisa mengurangi bahan campurannya. Tetapi usahakan jangan pernah memberikan jangkrik.
  1. Picu dengan Ikan Louhan
Ikan louhan yang sudah berhasil Anda buat supaya memakan pelet dapat digunakan untuk memicu ikan arwana agar mengonsumsi pelet juga. Nafsu makan ikan louhan yang sangat tinggi akan membuat nafsu makan ikan arwana turut meningkat. Anda bisa mencoba menyekat akuarium di tengah-tengahnya. Lalu isilah satu bagian dengan ikan arwana dan satu bagian lagi dengan ikan louhan. Berikan pelet di tengah sehingga saat ikan louhan memakan pelet ini, ikan arwana akan turut terpancing.

0 Response to "Cara Memberi Makan Ikan Arwana dengan Pelet"

Posting Komentar