Ciri-ciri Arwana Golden Red Kecil

Ikan arwana adalah ikan air tawar yang berharga mahal. Mahalnya harga ikan ini sebanding dengan pesona yang dimilikinya. Ikan arwana mempunyai tubuh yang sangat indah. Warnanya sangat cerah dengan sisik yang berkilau saat tertimpa cahaya. Ikan ini juga senang menggoda lewat gerakan tubuhnya yang tenang, anggun, dan lemah gemulai. Ikan arwana seolah-olah menjadi salah satu simbol dari kemewahan.
Dari banyaknya jenis-jenis ikan arwana, ada ikan yang memiliki harga paling mahal yaitu ikan arwana golden red. Ikan ini termasuk dalam spesies arowana asia (Scleropages formosus). Di habitat alaminya, ikan arwana golden red biasanya hidup di Pulau Sumatera. Selain karena pesona yang dimilikinya, ikan arwana golden red mempunyai kelebihan seperti daya tahannya yang tinggi, bisa tumbuh besar, dan sifatnya lebih agresif.
ikan-arwana-golden-red.jpg
Ikan arwana golden red biasa disebut pula dengan nama ikan arwana RTG (Red Tail Golden). Ikan ini berasal dari Riau. Ada satu jenis ikan arwana yang memiliki penampilan seperti ikan arwana golden red yaitu ikan arwana crossback golden. Ikan ini berasal dari Malaysia serta memiliki harga yang lebih mahal daripada golden red. Ikan arwana golden red sendiri memiliki ciri-ciri khusus di antaranya :
WARNA
Bukan tanpa alasan ikan arwana ini dinamakan golden red atau red tail golden. Ikan ini mempunyai warna dasar emas. Begitu pula dengan warna bibir dan sirip ikan ini yang berwarna emas. Warna emas pada ikan ini akan tetap sama hingga melewati bagian punggung pada baris sisik keempat apabila dihitung dari perut bawah. Warna punggungnya hitam kelabu. Kemudian semakin ke atas warna tubuhnya akan semakin kusam. Hanya ekornya saja yang berwarna emas dengan ujung kemerah-merahan.
PERILAKU
Ikan arwana golden red memang mirip sekali dengan ikan arwana crossback golden. Tetapi kedua jenis ikan arwana ini berbeda. Selain karena warnanya yang tidak sama, perbedaan kedua jenis ikan arwana ini juga terletak pada tingkah lakunya. Ikan arwana golden red merupakan salah satu ikan arwana yang memiliki perilaku sangat agresif. Bahkan ikan ini tidak segan-segan menunjukkan perilakunya yang begitu agresif ke pemilik yang baru. Manfaat dari perilaku ini adalah ikan menjadi gampang beradaptasi dan memiliki nafsu makan yang tinggi.
HARGA
Salah satu jenis ikan arwana yang mempunyai harga termahal adalah ikan arwana golden red. Pesonanya yang begitu menarik dengan jumlah peminat yang sangat banyak menjadi faktor pendorong mengapa ikan ini dihargai dengan nilai yang sangat mahal. Pasar telah menentukan kalau ikan arwana golden red termasuk ikan di kelas premium. Harga rata-rata ikan arwana golden red ukuran 12 cm ke bawah sekitar Rp 1,5-2 juta. Sedangkan untuk ukuran di atas 20 cm biasanya dihargai lebih dari Rp 3 juta.

0 Response to "Ciri-ciri Arwana Golden Red Kecil"

Posting Komentar