Ciri-ciri Ikan Arwana Menyimpan Telur di Mulutnya

Ikan arwana memiliki keunikan yaitu ikan jantan yang bertugas untuk menjaga dan mengerami telur-telurnya. Ikan tersebut langsung akan mengambil telur menggunakan mulutnya sesaat setelah telur-telur tadi berhasil dibuahi. Ikan arwana yang sedang mengerami telur ini memiliki kondisi kejiwaan yang tidak stabil. Ikan tersebut rentan mengalami stres. Sehingga Anda perlu merawatnya dengan baik agar ikan tetap aman dengan telur-telurnya.
Memang benar untuk kolam pemeliharaan ikan yang sedang bertelur tidak perlu dipisahkan dari kolam pemijahan. Tetapi untuk mendapatkan peluang keberhasilan yang lebih tinggi, kami tetap menyarankan pemindahan ikan arwana ke kolam khusus pemeliharaan ikan indukan yang sedang mengerami telur. Oleh karena itu, Anda harus mengenali ciri-ciri ikan yang sedang menyimpan telur di mulut agar dapat segera memindahkannya.
ciri-ciri-ikan-arwana.jpg
Adapun ikan arwana yang sedang menyimpan telur di mulutnya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Ikan arwana jantan yang tengah mengerami telur bisa dikenali dari bentuk kepalanya. Ikan arwana tersebut memiliki bentuk di sekitar kepala yang berbeda dari biasanya. Khususnya pada bagian mulut yang tampak membesar. Mulut ikan arwana tampak seperti menggelembung. Hal ini disebabkan oleh telur-telur yang memenuhi bagian mulut tersebut.
  2. Ikan arwana jantan yang sedang menyimpan telur juga akan cenderung bersikap diam dan statis. Ikan tersebut seolah-olah merasa takut untuk bergerak. Ikan arwana tadi akan lebih suka berenang mengapung di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari. Mulutnya pun akan membuka dan menutup dengan irama teratur untuk mengambil serta mengeluarkan udara.
  3. Tanda lain dari ikan arwana yang sedang mengerami telur bisa dilihat dari perilakunya. Ikan tadi lebih senang menyendiri dan memisahkan diri dari ikan-ikan arwana yang lain. Dia cenderung akan menjauhi ikan arwana lain yang berusaha mendekatinya. Ikan tersebut juga lebih banyak bersembunyi di tempat-tempat yang tertutup dan aman. Dia mencoba menghindar dari gangguan ikan arwana yang lain.
  4. Pada awal proses pengeramannya yaitu sesaat setelah terjadi proses pemijahan, ikan arwana betina akan terlihat selalu berada di samping ikan arwana jantan. Ikan betina ini berusaha turut menjaga ikan arwana agar telur-telur yang dirawatnya juga tetap aman. Pengawalan ini akan terus berlanjut dalam beberapa hari kemudian sampai telur-telur yang ada di mulut ikan jantan menetas.
  5. Ikan arwana jantan menunjukkan perilaku seperti kurang nafsu makan. Ikan tersebut lebih suka menunggu kondisi sepi ketimbang langsung melahap pakan yang Anda berikan. Setelah kondisi kolam dirasa cukup aman, dia akan berenang secara perlahan-lahan mendekati pakan lalu berusaha melahap pakannya sedikit demi sedikit. Faktanya ikan ini tetap makan dengan lahapnya.

0 Response to "Ciri-ciri Ikan Arwana Menyimpan Telur di Mulutnya"

Posting Komentar