Ciri-ciri Ikan Arwana Silver yang Bagus

Bagaimana ciri-ciri ikan arwana silver yang bagus? Indonesia patut berbangga karena memiliki ikan endemik yang sangat cantik dan mempunyai kualitas tinggi. Tidak lain yaitu ikan arwana silver atau ikan arwana perak (Scleropages macrocephalus) yang merupakan ikan endemik dari Pulau Kalimantan. Para hobis khususnya juga mengenali jenis ikan arwana ini dengan sebutan red banjar. Ikan ini begitu istimewa sebab mempunyai paras yang indah sekali.
Ikan arwana perak memiliki postur tubuh yang bentuknya memanjang layaknya ikan arwana yang lainnya. Kekhasan dari ikan arwana ini adalah warna perak yang mendominasi tubuhnya. Warna hijau gelap juga menghiasi bagian punggung ikan arwana silver. Hampir seluruh sisiknya berwarna perak agak gelap dengan cincin sisik yang berwarna hijau zaitun yang samar. Tubuh ikan ini akan mengkilap saat tertimpa cahaya.
ciri-ciri-ikan-arwana-silver.jpg
Habitat yang disukai oleh ikan arwana perak untuk hidup dan berkembang biak adalah daerah hulu sungai besar yang mempunyai air dengan kondisi yang tenang dan jernih serta derajat keasaman (pH) lebih dari 6. Ikan ini juga sering ditemukan di lingkungan perairan yang aliran airnya cukup deras. Ikan arwana perak termasuk ikan yang bertipe mouth brooder. Artinya ikan ini menggunakan mulutnya untuk mengerami telur dan memelihara juvenil.
Tahukah Anda, ikan arwana silver dapat dibedakan menurut warna sirip punggung, sirip anal, dan sirip ekornya. Di antaranya yaitu :
  1. Ikan arwana perak varian banjar kuning (yellowtail/yellow banjar)
  2. Ikan arwana perak varian pino (pinoh)
  3. Ikan arwana perak varian banjar merah (red banjar)
Ikan arwana perak varian pino ditandai dari bagian siripnya yang berwarna hijau agak abu-abu. Dinamakan pino karena varian ikan arwana ini hidup di Sungai Melawi dan daerah Pinoh yang merupakan anak Sungai Kapuas. Sedangkan ikan arwana perak varian sirip kuning dan sirip merah hanya tersebar di Sungai Barito, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Diketahui harga varian red banjar merupakan yang tertinggi dari jenis ikan arwana perak. Lalu diikuti ikan arwana yellow banjar dan terakhir adalah pino yang termurah.
memilih-ikan-arwana-silver.jpg
Ikan Arwana Perak Varian Banjar Kuning (Atas), Pino (Tengah), dan Banjar Merah (Bawah)
Apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih ikan arwana?
  1. Ikan arwana harus dalam kondisi yang sehat
  2. Ikan memiliki anggota tubuh yang lengkap dan normal
  3. Ikan tanggap terhadap respons yang diberikan kepadanya
  4. Ikan mempunyai nafsu makan yang tinggi
  5. Ikan memiliki kualitas warna yang bagus dan cerah
  6. Ikan bersikap tenang dan tidak tampak stres
  7. Ikan tidak menunjukkan gejala-gejala terserang penyakit

0 Response to "Ciri-ciri Ikan Arwana Silver yang Bagus"

Posting Komentar