Pengobatan Penyakit Kembang Sisik Ikan Arwana

Penyakit dropsy dikenal pula dengan istilah penyakit kembang sisik. Penyakit ini ditimbulkan oleh bakteri internal yaitu Aeromonas punctata. Bakteri tersebut menyerang bagian ginjal ikan arwana. Dalam kondisi yang sudah akut, salah satu indikasi yang muncul adalah berdirinya sisik ikan tersebut. Hal ini mengakibatkan kehidupan ikan menjadi terganggu. Anda harus segera mengobatinya sebelum penyakit kembang sisik ini semakin parah.
Faktor utama yang menyebabkan timbulnya penyakit kembang sisik (dropsy) adalah kondisi air di akuarium yang buruk. Kualitas air tersebut tidak sesuai dengan parameter yang ideal bagi ikan arwana. Khususnya tentang parameter kebersihannya. Kondisi air di dalam akuarium cenderung kotor sehingga mengakibatkan bakteri Aeromonas punctata berkembang pesat. Dalam jumlah yang banyak, bakteri ini pun melakukan serangan.
cara-mengobati-ikan-arwana.jpg
Di bawah ini cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kembang sisik, antara lain :
  1. Berikan Terapi yang Tepat
Anda bisa memulainya dengan memberikan terapi dan berharap sistem imunitas di dalam tubuh ikan arwana dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Caranya dimulai dari mengganti sepertiga volume air dengan air bersih yang telah didiamkan selama 2 hari. Kemudian tambahkan garam ikan. Singkirkan filter arang untuk sementara waktu jika Anda memakainya. Naikkan suhu air hingga mencapai 30-31 derajat celsius. Jangan lupa tambahkan aerasi. Bila perlu, Anda bisa memasukkan daun ketapang secukupnya.
  1. Obati dengan Tetracyline
Penyakit kembang sisik bisa diobati menggunakan antibiotik yang diberikan bersama pakannya. Hal ini lebih efektif ketimbang memasukkan antibiotik tersebut ke air. Anda bisa menggunakan tetracyline dengan dosis 250 mg yang dibagi menjadi 10 bagian. Lalu buatlah konsentrat dengan mencampurkan aquabidest 80 ml. Ambil campuran ini sebanyak 5 ml, kemudian suntikkan ke dalam 5-6 jangkrik atau katak. Barulah pakan tersebut bisa diberikan kepada ikan arwana.
  1. Gunakan Penicilin/Phenoxethol
Apabila ikan arwana sudah dalam kondisi mogok makan setelah terkena penyakit kembang sisik, Anda bisa memberikan pengobatan memakai antibiotik skala penuh. Misalnya seperti penicilin. Berikan obat ini dengan dosis 5 mg per liter air yang diulang setiap 2 hari sekali. Biasanya setelah pengobatan kedua, bakteri Aeromonas punctata yang tersisa sudah kebal dengan obat ini. Jadi Anda harus memberikan obat yang lebih keras yaitu Phenoxethol. Buatlah konsentrat 1% dengan aquabidest. Lalu tambahkan air dengan perbandingan 1:99. Setiap 10 ml dari konsentrat ini lalu dicampur lagi dengan 1 liter air.

0 Response to "Pengobatan Penyakit Kembang Sisik Ikan Arwana"

Posting Komentar