Agar Arwana Super Red Cepat Merah, Ini Rahasianya!

Ada banyak sekali penghobi ikan hias yang menyukai ikan arwana. Meskipun harganya sampai jutaan rupiah, faktanya peminat ikan arwana tidak pernah surut. Ikan arwana sangat diminati karena mempunyai pesona yang begitu menarik. Boleh dibilang tidak ada ikan air tawar lain yang keindahannya bisa mengalahkan ikan ini. Ikan arwana seolah-olah mempunyai paras yang sempurna, perpaduan antara warna yang cerah dengan gerak-geriknya yang anggun.
Anda yang sudah memelihara ikan arwana merah pasti menginginkan warna ikan tersebut semakin cerah, kan? Memang benar. Salah satu faktor penentu keindahan seekor ikan hias terletak pada seberapa cerah warna di tubuh ikan tersebut. Ikan arwana merah yang berwarna cerah pasti nilainya akan semakin naik. Sebab ikan yang mempunyai warna merah merona hingga sangat merah ini tampak lebih jelas di dalam air serta keanggunannya pun terasa kuat.
warna-ikan-arwana-merah.jpg
Setidaknya terdapat 2 cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan tingkat kecerahan warna ikan< arwana, di antaranya cara alami dan cara buatan.
Cara Alami
Ikan arwana pada dasarnya bisa dibuat lebih berwarna merah menggunakan cara-cara yang alami. Di sini kita bisa menjaga kondisi lingkungan air di dalam akuarium serta memberikan makanan yang bermanfaat untuk mencerahkan warnanya. Diketahui bahwa zat karoten bisa meningkatkan kualitas warna ikan hias. Anda bisa mendapatkan zat ini dari wortel, udang, dan jangkrik. Jadikan pakan-pakan ini sebagai makanan utama bagi ikan arwana. Warna ikan pun akan menjadi lebih cerah sedikit demi sedikit.
Ada pula zat-zat lain yang juga dapat mencerahkan warna tubuh ikan arwana. Di antaranya yaitu spirulina dan ataxanthin. Namun sayangnya ikan arwana tidak akan mau memakan zat ini jika diberikan secara langsung begitu saja. Perlu trik agar zat ini sampai ke dalam tubuh ikan. Caranya yaitu Anda bisa mencampurkan zat-zat ini dengan sayuran yang dimakan oleh jangkrik. Barulah jangkrik tersebut yang bisa Anda berikan kepada ikan arwana. Dengan begini, spirulina dan ataxanthin bisa masuk ke tubuh arwana.
Cara Buatan
Cara buatan untuk meningkatkan kecerahan warna ikan arwana bisa melalui proses tanning. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan teknik penyinaran memakai lampu khusus untuk menimbulkan efek-efek tertentu pada tubuh ikan. Biasanya lampu yang digunakan berjenis lampu UV. Anda bisa memasang lampu ini dalam jumlah yang banyak untuk menyebabkan radiasi pada ikan arwana. Hasilnya warna ikan arwana pun akan terlihat lebih merah dalam kurun waktu yang lebih cepat.
Besar kecilnya tenaga lampu UV serta jumlah lampu UV yang digunakan dapat disesuaikan dengan ukuran akuarium serta postur ikan yang ingin di-tanning. Untuk akuarium yang berukuran 2,5 x 1,5 x 1 m biasanya menggunakan lampu UV TFC yang berkekuatan 30-40 watt dengan intensitas cahaya sebesar 38 lux. Lampu UV ini kemudian dipasang sedemikian rupa agar sinarnya menyorot langsung ke tubuh ikan arwana. Anda bisa meletakkannya di sudut-sudut akuarium atau bagian tengah. Kemudian seluruh dinding akuarium dilapisi stiker gelap supaya sinarnya tidak memendar keluar.

0 Response to "Agar Arwana Super Red Cepat Merah, Ini Rahasianya!"

Posting Komentar