Cara Pengendalian Penyakit Kembung Pada Ikan Lele

Anda yang tertarik untuk membudidayakan ikan air tawar, cobalah memilih ikan lele. Ikan lele merupakan salah satu ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain mempunyai pangsa pasar yang sangat luas, beternak ikan lele juga tidak terlalu sulit. Ikan lele memiliki daya tahan yang baik sekali. Bahkan ikan ini pun mampu bertahan hidup di perairan yang kondisinya tidak begitu baik. Alhasil Anda tidak perlu bersusah payah merawatnya.
Anda bisa memelihara ikan lele di kolam tanah, kolam terpal, atau kolam beton. Ikan ini harus dibudidayakan memakai air tawar. Kendati ikan lele mempunyai daya tahan yang sangat baik, Anda tetap harus menjaga kondisi mutu airnya. Bagaimana pun ikan lele masih sama seperti ikan-ikan yang lainnya. Ikan ini bisa menderita penyakit akibat air di kolam yang terlalu buruk. Di antaranya yaitu penyakit kembung. Bagaimana sih gejala awalnya?
pengendalian-ikan-lele-kembung.jpg
Berikut ini gejala-gejala awal yang ditunjukkan ikan lele yang mengalami penyakit kembung :
  • Terjadi pembengkakan pada perut ikan lele, tetapi tekstur perutnya lembek.
  • Ikan lele akan lebih sering muncul di permukaan air karena kehilangan keseimbangan.
  • Nafsu makan ikan lele menurun drastis sebab perutnya sudah dipenuhi cairan bening.
  • Pada ikan lele anakan, ikan tampak sering berputar-putar tidak jelas.
Jangan khawatir sebab penyakit kembung pada ikan lele ini bisa dikendalikan dengan kiat-kiat sebagai berikut :
  1. Sangat disarankan untuk melakukan pencegahan melalui teknik beternak ikan lele yang baik dan benar sebelum penyakit ini melanda.
  2. Jika ikan lele sudah terlanjut terjangkit oleh penyakit kembung, Anda harus melakukan upaya karantina serta dipuasakan untuk sementara waktu.
  3. Jagalah kondisi air di kolam karantina supaya kualitasnya tetap bagus. Bila perlu, Anda bisa menambahkan probiotik untuk mendukung kesehatan ikan lele.
  4. Setelah dipuasakan selama beberapa hari, cobalah berikan pelet yang sudah dicampur dengan probiotik secukupnya. Jangan beri pakan terlalu banyak dahulu.
  5. Pasanglah aerator ke dalam kolam untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut di dalam air. Pantau terus perkembangan kesehatan ikan lele tersebut.
Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Pengendalian Penyakit Kembung Pada Ikan Lele"

Posting Komentar