Teknik Dasar Cara Tanning Ikan Arwana

Semua penghobi ikan arwana pasti menginginkan ikan peliharaannya mempunyai warna yang menarik. Salah satunya terlihat dari tingkat kecerahan dari warna tersebut. Semakin cerah dan tajam warna ikan arwana, maka akan semakin bagus pula kualitasnya. Berbagai cara pun lantas dilakukan untuk mencerahkan warna ikan arwana. Ada cara yang alami dan cara buatan untuk mempersingkat waktunya. Proses tanning misalnya.
Tanning adalah trik untuk merangsang keluarnya warna ikan arwana. Ikan arwana yang di-tanning akan diterapi menggunakan trik-trik tertentu supaya warnanya menjadi cerah dalam waktu yang singkat. Untuk dapat di-tanning, ikan arwana harus berukuran minimal 35 cm. Proses tanning dilakukan dengan memberikan suatu penyinaran secara khusus kepada sisik-sisik ikan arwana supaya terpigmentasi. Hasilnya adalah warna sisik tersebut akan mengalami perubahan dalam waktu yang lebih singkat.
cara-tanning-ikan-arwana.jpg
Tanning memanfaatkan lampu ultraviolet yang berjenis UV A dan UV B yang memiliki spektrum tinggi dengan intensitas antara 10.000-16.000 kelvin. Kebanyakan proses ini menggunakan lampu yang bertenaga 30-40 watt tergantung ukuran akuarium yang dipakai. Ada 2 jenis lampu yang dipakai yaitu plant growth (warna cenderung merah) dan actinic blue (warna cenderung biru). Para penghobi umumnya memakai kedua lampu ini sekaligus. Biasanya digunakan kombinasi 2 lampu plant growth dan 1 lampu actinic blue.
Ada 5 faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih lampu untuk tanning, antara lain :
  1. Jenis ikan arwana yang dipelihara
  2. Warna yang ingin dimunculkan
  3. Ukuran akuarium yang digunakan
  4. Kombinasi lampu yang dipakai
  5. Casing/reflektor yang diinginkan
Posisi pemasangan lampu untuk keperluan tanning bisa diatur dengan konsep single area tanning atau double area tanning. Pada single area tanning, lampu-lampu dipasang di atas kap akuarium saja atau di dinding-dinding akuarium. Sedangkan pada double area tanning, lampu-lampu ini dipasang di samping kaca dan atas akuarium. Hindari menggunakan lampu TL putih biasa sebab dapat menyebabkan ikan arwana menjadi stres. Tanning bisa dilakukan dalam waktu maksimal 12 jam. Jika lebih dari itu, maka ikan akan mati secara mendadak.

0 Response to "Teknik Dasar Cara Tanning Ikan Arwana"

Posting Komentar