7 Tips Memilih Ikan Discus yang Baik

Apakah Anda membutuhkan tips-tips dalam memilih ikan discus? Ikan discus (Symphysodon spp.) adalah ikan air tawar dari famili Cichlidae yang banyak dipelihara di akuarium. Ikan ini berasal dari sungai Amazon dan kini sangat digemari di negara-negara di Asia. Ikan discus mempunyai bentuk tubuh yang unik. Warnanya pun beraneka ragam seperti merah, hijau, kuning, dan biru.

Kepopuleran ikan discus pun sampai gaungnya di Indonesia. Tidak sedikit para penghobi ikan hias yang mulai memelihara ikan ini, khususnya mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan. Ikan discus tergolong sebagai ikan yang harganya lumayan mahal. Untungnya perawatan ikan discus tidak terlalu susah. Anda cukup menjaga kondisi air dan kualitas pakannya agar ikan discus yang dipelihara dapat hidup dengan baik.

tips-memilih-ikan-discus.jpg

Khusus buat Anda yang mulai tertarik dengan ikan discus dan ingin memeliharanya di akuarium, Anda bisa membeli benih ikan ini di toko yang terpercaya. Perhatikan faktor-faktor berikut ini dalam memilih ikan discus tersebut :

  1. Ikan discus yang bagus mempunyai warna yang cerah. Di sekujur tubuh ikan tersebut pun tidak terdapat selaput lendir dalam jumlah yang berlebihan.
  2. Perhatikan sisik ikan yang menempel di bagian tubuhnya. Usahakan Anda memilih ikan discus yang memiliki sisik yang bersih, tidak terkelupas, dan tidak berbintik-bintik putih.
  3. Ikan discus juga mempunyai sirip yang lengkap, bersih, dan seimbang. Jangan membeli ikan yang memiliki kelainan pada bagian siripnya.
  4. Cobalah memeriksa mata yang dimiliki oleh ikan tersebut. Ikan discus yang unggul selalu dilengkapi dengan mata yang bening, tidak berselaput, dan tidak memiliki bercak putih. Pastikan pula posisi kedua mata pada ikan ini tidak terlalu menonjol keluar.
  5. Ikan discus seharusnya memiliki postur tubuh yang ideal alias tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus/tipis. Lebih bagus lagi apabila ikan discus pilihan Anda mempunyai ketebalan di dahinya.
  6. Gaya renang ikan discus yang baik tampak teratur, tenang, dan berirama. Insang-insangnya terlihat membuka dan menutup secara bersama-sama. Ikan discus yang sedang stres biasanya berenang secara tidak teratur.
  7. Corak pada ikan discus lumrahnya muncul setelah ukuran panjang tubuhnya lebih dari 2 inci. Jika Anda menemukan ikan discus yang berukuran kurang dari 2 inci tetapi sudah bercorak bagus, Anda patut waspada karena bisa jadi ikan tersebut rutin mengonsumsi pakan khusus yang harganya mahal.

0 Response to "7 Tips Memilih Ikan Discus yang Baik"

Posting Komentar