4 Tips agar Ikan Tidak Saling Berkelahi

Bagaimana tipsnya agar ikan-ikan tidak saling berkelahi? Sama seperti manusia, setiap ikan pun mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Ada ikan yang memiliki sifat dasar yang tenang, ada pula sifat yang terkenal aktif dan garang. Namun tak menutup kemungkinan kalau ikan yang tenang pun dapat berubah menjadi pemarah karena faktor-faktor tertentu. Hal ini lantas membuat perkelahian antar-ikan di dalam aquarium kerap terjadi.
Sebagai pemilik dari semua ikan yang dipelihara di dalam aquarium, Anda harus menengahi apabila terjadi perkelahian antara ikan-ikan tersebut. Jangan biarkan ikan-ikan peliharaan Anda saling berkelahi satu sama lain. Perkelahian antara ikan dapat mengakibatkan dampak seperti luka, cacat, hingga kematian. Bahkan ikan-ikan lain yang tidak terlibat dalam perkelahian pun bisa kena dampaknya. Ikan ini tidak merasa aman dan nyaman sehingga menjadi stres.
agar-ikan-tidak-berkelahi.jpg
Biasanya perkelahian ikan terjadi antara ikan lama yang telah berkuasa sebelumnya dengan ikan yang baru saja Anda tambahkan ke aquarium tersebut. Jadi guna mencegah terjadinya perkelahian ini, Anda bisa melakukan upaya-upaya sebagai berikut :
  1. Kenalkan Ikan Baru dengan Ikan Lama
Anda bisa membantu proses perkenalan antara ikan baru dengan ikan lama supaya lebih aman. Caranya yaitu pasanglah pemisah dari kaca di aquarium. Kemudian rilis ikan baru di sisi aquarium yang tidak ada ikannya. Awalnya ikan-ikan tersebut memang akan terlihat berusaha saling menyerang. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ikan tadi akan mulai saling mengenal. Proses ini mungkin butuh waktu berbulan-bulan tergantung peringai ikan.
  1. Beri Makan di Waktu Bersamaan
Selama proses pemisahan sedang berlangsung, Anda harus memberikan pakan kepada ikan-ikan tersebut di waktu yang sama. Berikan pakan ini sedikit demi sedikit dalam porsi yang cukup. Biarkan masing-masing ikan tadi menikmati pakan yang diberikan agar lebih mengenal satu sama lain. Jika Anda sudah yakin ikan-ikan ini telah berdamai maka sebaiknya lepaskan saja pemisah di aquarium tadi.
  1. Apakah Memang Berkelahi?
Cek kembali untuk memastikan apakah ikan-ikan tadi benar-benar sedang berkelahi atau tidak? Terutama bila perkelahian tersebut terjadi antara ikan-ikan lama yang sebelumnya memiliki hubungan yang baik. Sebab tidak menutup kemungkinan kalau perkelahian tadi menjadi awal dari proses pemijahan. Perlu Anda ketahui, ikan yang akan memijah biasanya akan tampak saling berkejar-kejaran dan seolah-olah menggigit satu sama lain.
  1. Berikan Obat Pereda Stres
Kasus perkelahian antara ikan yang sama-sama telah menghuni aquarium dalam waktu yang lama memang jarang terjadi. Kalau pun ada, penyebabnya biasa ditimbulkan oleh kondisi kejiwaan ikan tersebut yang berubah tidak normal. Ikan tiba-tiba menjadi stres karena faktor tertentu. Guna mengatasinya, Anda bisa memberikan anti stres khusus untuk ikan seperti aquasafe atau tetra black water. Sebaiknya ikan yang sedang stres tadi juga dikarantina di aquarium khusus.

0 Response to "4 Tips agar Ikan Tidak Saling Berkelahi"

Posting Komentar