Ciri-ciri Ikan Arwana Super Red yang Asli

Ikan arwana merah, ikan arwana super red, atau ikan arwana SR adalah ikan endemik yang berasal dari Pulau Kalimantan. Ikan ini secara alami tinggal di bagian hulu Sungai Kapuas yang berbatasan langsung dengan Danau Sentarum. Ikan arwana super red memiliki karakteristik khusus yang berbeda dari jenis-jenis ikan arwana lainnya. Khususnya warna yang merah cerah dari mulai bagian mulut, penutup insang, sampai ke ekor.
Warna merah pada ikan arwana super red diduga kuat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan tempat tinggalnya. Pada umumnya, area lahan basah atau daerah tergenang di sekitar danau Sentarum memiliki tingkat keasaman (pH) kurang dari 6. Kondisi airnya sedikit gelap dan berwarna kemerah-merahan. Hal ini disebabkan oleh kandungan tanin yang tinggi pada air tersebut. Inilah yang lambat laun membuat warna arwana SR menjadi merah.
ikan-arwana-super-red.jpg
Selain itu, warna merah yang mencolok pada ikan arwana super red ini digunakan sebagai upaya adaptasi dengan lingkungannya. Di air yang warnanya gelap, ikan menjadi lebih mudah dalam menyamarkan diri, terutama saat hendak berburu mangsa. Seiring dengan berjalannya waktu, arwana merah mempunyai variasi yang semakin banyak berdasarkan bentuk tubuh dan warna tubuhnya. Penyebab utamanya ialah perkawinan silang.
Ikan arwana merah bisa dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan warnanya. Di antaranya merah darah (blood red), merah cabai (chilli red), merah jingga (orange red), dan merah emas (golden red). Ikan arwana super red yang berwarna blood red atau chilli red dinilai memiliki kualitas yang lebih baik daripada orange red dan golden red. Faktor lain yang mempengaruhi nilai ikan arwana adalah anatomi, ukuran, dan tingkah lakunya.
Sedangkan menurut tingkat kecerahan warnanya, ikan arwana merah dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis yaitu super red, chilli red, serta blue base. Ikan arwana super red yang memiliki warna sangat cerah dan tajam termasuk grade 1. Sementara arwana merah yang warnanya tak terlalu cerah seperti yellow red dan orange red termasuk grade 1,5. Begitu pula dengan ikan arwana yang berjenis crossback, RTG, dan hybrid bisa termasuk ke dalam grade 1 atau grade 1,5 tergantung kualitas ikannya.
Tidak selamanya ikan arwana merah mempunyai warna sisik berwarna merah mencolok layaknya pada ikan arwana super red. Kadang-kadang ada ikan arwana merah yang memiliki warna merah hanya di bagian tertentu. Misalnya yellow red yang mempunyai warna merah hanya di bagian siripnya. Begitu pula dengan orange red yang memiliki semburat warna merah hanya di ujung ekornya saja. Walaupun tidak termasuk grade 1, tetapi harga ikan arwana jenis ini tetap mahal.
Berikut ini kami tampilkan contoh-contoh ikan arwana super red yang memiliki kualitas tinggi berdasarkan keterangan lengkap di bawahnya!
arwana-super-red-pertama.jpg
Jenis-jenis ikan arwana super red grade 1 yang berkualitas premium dan harganya sangat mahal. Tampak pada gambar di atas yaitu chilli red (atas), violet fusion super red (tengah), dan blue base super red (bawah).
arwana-super-red-kedua.jpg
Jenis-jenis ikan arwana super red grade 1 yang memiliki harga mahal. Terlihat pada gambar di atas yaitu chilli red (atas), super red (tengah), dan super red muda (bawah).
arwana-super-red-ketiga.jpg
Jenis-jenis ikan arwana super red grade 1,5. Tampak pada gambar di atas antara lain yellow red (atas), dark chilli red (tengah), dan orange red (bawah.



0 Response to "Ciri-ciri Ikan Arwana Super Red yang Asli"

Posting Komentar