3 Cara Mencerahkan Warna Ikan Arwana Merah

Ikan arwana hidup di perairan air tawar di Asia, khususnya di Indonesia. Ikan ini mempunyai ciri-ciri khusus pada warna tubuhnya yang tampak mencolok. Ikan ini begitu indah. Maka tidak heran kalau ada banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. Banyaknya peminat ikan arwana secara otomatis membuat harganya melambung tinggi. Pesona yang dimiliki oleh ikan arwana berasal dari perpaduan keindahan tubuh dan gerakannya yang gemulai.
Dari sekian banyaknya jenis-jenis ikan arwana, salah satu jenis yang sangat diminati adalah ikan arwana super red. Jenis ikan arwana yang satu ini dapat dikenali lewat warna tubuhnya yang didominasi oleh warna merah. Semakin merah warna ikan arwana super red ini, maka kualitasnya berarti semakin bagus. Beberapa penghobi pun lantas melakukan berbagai upaya untuk membuat ikan arwana super red peliharaannya semakin berwarna merah.
mencerahkan-warna-ikan-arwana.jpg
Tapi apakah memang bisa kita membuat warna ikan arwana super red ini tampak cerah dan semakin berwarna merah? Jawabannya adalah sangat bisa. Adapun caranya adalah sebagai berikut!
Kiat 1. Jagalah Kebersihan Air di Akuarium
Ini merupakan langkah awal yang perlu Anda lakukan supaya ikan arwana yang dipelihara memiliki warna yang cerah. Anda harus menjaga air di dalam akuarium. Pastikan kondisi air selalu dalam keadaan yang bersih dan tidak tercemari oleh kotoran. Lakukan penggantian air akuarium sebanyak 25-30 persen setiap 1 minggu. Pasang filter untuk menjaga kebersihan air. Dengan demikian, warna ikan tidak akan terkontaminasi.
Kiat 2. Pastikan Ikan Mendapat Sinar Ultraviolet
Ikan arwana membutuhkan sinar matahari untuk mendukung kehidupannya. Sinar matahari ini juga sekaligus berguna untuk memunculkan warna merah. Namun biasanya penghobi ikan meletakkan akuarium di dalam rumah yang posisinya jauh dari paparan sinar matahari. Jika kondisi ini tidak disiasati, ikan arwana akan berwarna pucat. Solusinya Anda bisa memasang lampu yang dapat memancarkan sinar UV A dan UV B pada akuarium.
Kiat 3. Berikan Pakan yang Mengandung Karoten
Tanpa Anda sadari, pakan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap warna ikan arwana. Pakan yang mengandung zat karoten diketahui mampu mencerahkan warna ikan. Anda bisa mendapatkan pakan semacam ini dari wortel, udang, dan jangkrik. Sebagai binatang omnivora, ikan arwana tentu tidak masalah kalau harus memakan daging atau sayur-sayuran. Tetapi Anda perlu memberikan pakan ini secara bijaksana.

0 Response to "3 Cara Mencerahkan Warna Ikan Arwana Merah"

Posting Komentar