Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Sidat

Ikan sidat adalah sebutan untuk keluarga ikan yang memiliki postur tubuh yang memanjang menyerupai ular. Adapun ordo Anguilliformes terdiri dari 4 subordo, 19 famili, 110 genera, dan 400 spesies. Kebanyakan spesies ikan sidat hidup di air laut, namun beberapa spesies ada pula yang tinggal di air tawar.

Di beberapa daerah, ikan sidat dikenal dengan nama sogili, moa, lubang, pelus, larak, dan uling. Uniknya, sebagian masyarakat juga sering menyebutnya belut bertelinga karena memang ikan ini memiliki sirip berukuran kecil yang sepintas mirip telinga. Di Jepang, ikan sidat malah dikenal sebagai unagi dan merupakan salah satu makanan favorit warga setempat.

manfaat-ikan sidat.jpg

Selain karena rasa dagingnya yang enak, ternyata ikan sidat juga kaya nutrisi dan manfaat. Bahkan ikan ini disebut-sebut sebagai sumber nutrisi paling baik mengalahkan daging ikan salmon. Lantas, apa sajakah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ikan sidat?

Kandungan Nutrisi Ikan Sidat

Di dalam 1 fillet ikan sidat seberat 204 gram terkandung kolesterol 257 mg, sodium 104 mg, protein 38 g, dan air 139 g. Sedangkan total kalorinya sebanyak 375 yang terdiri atas karbohidrat 0.2, lemak 215, dan protein 161. Sementara itu, kandungan lemaknya sejumlah 23.8 g meliputi lemak jenuh 4.8 g, lemak tak jenuh tunggal 14.7 g, lemak tak jenuh jamak 1.9 g, asam lemak omega-3 1332 mg, dan asam lemak omega-6 400 mg.

Ikan sidat juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan vitamin di dalam ikan sidat antara lain Vitamin A 7093 IU, Vitamin C 3.7 mg, Vitamin E (Alpha Tocopherol) 8.2 mg, Thiamin 0.3 mg, Riboflavin 0.1 mg, Niacin 7.1 mg, Vitamin B6 0.1 mg, Folate 30.6 mcg, Vitamin B12 6.1 mcg, Pantothenic Acid 0.1 mg, dan Choline 133 mg. Sedangkan untuk kandungan mineral di dalam ikan sidat di antaranya Kalsium 40.8 mg, Besi 1.0 mg, Magnesium 40.8 mg, Fosfor 441 mg, Potasium 555 mg, Sodium 104 mg, Zinc 3.3 mg, Mangan 0.1 mg, dan Selenium 13.3 mcg.

Manfaat Ikan Sidat bagi Kesehatan

Berdasarkan informasi kandungan gizi ikan sidat di atas maka dapat disimpulkan bahwa manfaat-manfaat ikan ini untuk kesehatan tubuh yaitu :

  1. Ikan sidat sama sekali tidak mengandung gula, rendah sodium, dan tinggi fosfor.
  2. Daging ikan ini juga sangat kaya akan vitamin A, B1, B2, B12, D dan E yang berguna untuk membangun sistem jaringan tubuh.
  3. Ikan sidat juga mengandung bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk meremajakan kulit.
  4. Ikan ini juga diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit arthritis.
  5. Ikan sidat juga sangat baik untuk mengembalikan fungsi penglihatan, mendukung perkembangan otak, dan memperbaiki fungsi sistem saraf.
  6. Penelitian telah menunjukkan bahwa ikan sidat mampu meredakan penyakit diabetes secara signifikan.
  7. Karena mengandung omega 3 yang tinggi, ikan sidat bahkan sanggup menghambat meluasnya diabetes.
  8. Ikan sidat pun membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular seperti kadar trigliserida yang tinggi.
  9. Daging, kulit, dan tulang ikan sidat juga diklaim dapat meningkatkan gairah dan stamina pria dewasa.

0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Sidat"

Posting Komentar